Ads 468x60px

Thursday 22 August 2013

Cloud Storage

Cloud Storage

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Konsep cloud storage sama seperti konsep file server pada suatu kantor perusahaan, hanya saja infrastruktur media storage tersebut dikelola oleh provider cloud dan pemanfaatannya dijadikan layanan penyimpanan file yang dapat diakses dari internet. Sebenarnya cloud storage bukan layanan teknologi baru dalam dunia internet, sebelum trend cloud computing sepopuler saat ini, layanan cloud storage lebih dikenal dengan istilah virtual drive, namun memasuki era cloud computing ini istilah tersebut berubah menjadi lebih dikenal dengan sebutan cloud storage.
Diantara keuntungan memanfaatkan layanan cloud storage adalah kita tidak perlu membawa media penyimpanan untuk file-file yang telah disimpan di cloud storage, karena semuanya dapat diakses darimana saja melalui internet.
Cloud storage ada yang gratis dan ada yang berbayar. Layanan yang berbayar tentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh layanan gratis, bisa dari sisi kapasitas penyimpanan maupun dari fitur lainnya yang ditawarkan oleh penyedia layanan cloud storage tersebut. 

No comments:

Post a Comment