Ads 468x60px

Thursday 22 August 2013

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Cloud Storage



Apa sih Cloud Storage itu? Cloud Storage adalah media penyimpanan data yang dapat diakses oleh para penggunanya lewat jaringan internet. Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage. Ilustrasinya seperti ini, Jika saya seorang web designer, saya memerlukan banyak gambar, font, ilustrasi, flash dll, nah untuk memudakan saya bekerja dimana saja, saya menyimpannya di cloud storage. Memang merupakan pilihan di mana kita akan menyimpan data-data kita. Kita bisa menyimpannya pada media penyimpanan fisik seperti hardisk, CD, flashdisk. Tapi untuk sebagian pengguna komputer hal tersebut mulai menjadi penghalang efisiensi kerja saat data-data yang dibutuhkan tak dapat diakses. Misalnya flashdisk yang ketinggalan atau keeping CD yang rusak.

Saat disimpan secara 'cloud', data-data tersebut dapat dengan mudah diakses lewat jaringan internet. Tidak perlu mengambil laptop kalo ketinggalan di rumah atau mencari flashdisk di bawah tumpukan buku-buku kuliah. Rusak? Para penyedia layanan ini menggunakan ratusan server untuk menyimpan file-file. Karena tentu saja mereka harus mengadakan maintenance secara berkala. Ruang yang terbatas? Sepertinya ruang yang disediakan sudah lebih dari cukup. Kalau penuh tinggal bikin akun baru lagi, atau bisa juga mengambil layanan premium dengan membayar sejumlah tarif untuk mendapatkan tempat penyimpanan yang lebih besar.

Yang paling ditekankan dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja.


Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut, kekurangannya adalah terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun kita dibuka orang lain. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang 'down'.

Beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan data baik secara online maupun offline.



Bagaimana? berminat untuk menggunakan layanan Cloud Storage? Ketahui lebih lanjut mengenai penyedia jasa layanan penyimpanan online ini secara lebih lengkap untuk mengetahui keunggulannya.

No comments:

Post a Comment