Ads 468x60px

Thursday 22 August 2013

Contoh-Contoh Cloud Storage

Beberapa layanan cloud storage yang bisa dimanfaatkan dengan gratis diantaranya adalah:

Google Drive
Google Drive memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 5GB, sedangkan yang layanan berbayar adalah US$2.49 perbulan dengan kapasitas 25GB, US$4.99 perbulan dengan kapasitas 100GB, dan US$800 perbulan dengan kapasitas 16TB. Penggunaan Google Drive adalah dengan mendownload aplikasinya lalu meng-installnya dikomputer dan setelah diinstall akan ada folder Google Drive, setiap file yang ingin di simpan di cloud storage Google Drive cukup di masukkan ke dalam folder tersebut, maka akan otomatis tersinkronisasikan dengan folder di cloud storage Google Drive, seolah folder Google Drive yang terinstal di komputer berfungsi sebagai FTP-client. Keuntungan dari pemanfaat Google Drive bagi pengguna gmail dan google apps adalah, file yang disimpan di google drive bisa diintgrasikan dengan gmail dan google apps. Sehingga sesama pengguna gmail dan google apps bisa saling berbagi file yang disimpan di Google Drive dengan pengaturan hak akses yang disesuaikan seperti pengaturan hak akses pada file server, jadi tidak perlu mengirimkan file melalui attachment email.

Dropbox
Dropbox juga merupakan salah satu penyedia layanan cloud storage yang cukup populer dan termasuk pemain lama dalam bidang ini. Dropbox memberikan layanan cloud storage gratis dengan kapasitas 2GB, sedangkan yang layanan berbayar adalah US$10 per bulan / US$99 per tahun dengan kapasitas 50GB, US$20 per bulan / US$199per tahun dengan kapasitas 100GB.Dropbox juga menawarkan tambahan kapasitas 500MB untuk setiap pandaftar baru yang mendaftar dengan referensi dari yang telah menggunakan layanan Dropbox. Untuk menggunakan layanan cloud storage Dropbox diperlukan install software yag disediakan oleh Dropbox di situsnya untuk dapat didownload gratis dan di install di Windows, Mac, maupun Linux. Setelah menginstall Dropbox, maka di komputer akan ada folder khusus milik Dropbox sama seperti pada Google Drive.

Box.com
Penyedia Cloud Storage berikutnya adalah box.com yang juga memberikan free space sebesar 5GB untuk pengguna personal. Adapun untuk layanan berbayar adalah US$15 per bulan per user dengan jumlah user maksimal sampai 500 user. Dan ada juga layanan unlimited untuk enterprise.  Fitur layanan free storage dari box sebenarnya sama dengan layan dari penyedia lainnya untuk layanan yang sama.




SkyDrive
Yang ini adalah layanan cloud storage dari Microsoft. SkyDrive memberikan free space agak lebih besar dari layanan free cloud storage yag lain. Untuk layanan free nya SkyDrive memberikan space sebesar 7GB.






 Mediafire 
Fitur MediaFire cukup bagus karena semua user akan diberikan data ruang yang tidak terbatas namun untuk user gratis, file yang diunggah maksimal 200MB, untuk user Pro, file yang diunggah maksimal 4GB dan untuk user Business, file yang diunggah maksimal 10GB. MediaFire tidak membuat waktu tunggu mengunduh, batasan download paralel, dan batasan bandwidth. Namun, MediaFire membutuhkan cookies dan CAPTCHA jika anda mengunduh berkas yang sama dua kali.

No comments:

Post a Comment